Pembangunan Karakter Sejak Dini


MALANG- TK Islam Sabilillah Malang merupakan salah satu Taman Kanak-kanak Islam dengan sistem pembelajaran semi fullday yang berada di tengah kota Malang. Penyelenggaraan pendidikan di TK Islam Sabilillah Malang mengacu pada kebijakan mutu Permen Diknas nomor 58 meliputi lima lingkup pengembangan serta muatan lembaga yang kesemuanya dikemas dalam pembelajaran PAUD dengan sistem Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). 
“Untuk mencapai kebijakan mutu tersebut, TK Islam Sabilillah Malang mengembangkan tiga pilar pendidikan meliputi akademik, karakter, serta pengembangan bakat minat dalam pembelajaran ekstrakurikuler yang berpusat mengembangkan segala potensi anak secara optimal,” ungkap Kepala TK Islam Sabilillah Malang Fatimatus Syifa’, S.Pd.     
TK Islam Sabilillah Malang berada di lokasi yang sangat strategis, dan mudah terjangkau oleh berbagai angkutan umum, namun lingkungan yang ada sangat asri dan mendukung terciptanya suasana belajar di tengah kota Malang, Dengan luas sekitar 1000 M2, di jalan Jend. Ahmad Yani 15 Malang. 
Berbagai sarana prasarana yang tersedia di TK Islam Sabilillah Malang sebagi penunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Diantaranya ruang kelas yang nyaman, ruang Komputer, ruang perpustakaan, ruang memasak mini, masjid dan lainnya. 
Kurikulum yang dikembangkan mengacu pada Permen Diknas nomor 58 meliputi nilai nilai agama dan moral, fisik ( motorik halus , motorik kasar, dan kesehatan fisik), kognitif (pengetahuan umum dan sains, lonsep bentuk, warna, ukuran, dan pola, konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf, bahasa (menerima bahasa, mengungkapkan bahasa, keaksaraan, dan sosial emosional. Sedangkan muatan lembaga yang dikembangkan secara intensif adalah pendidikan karakter siswa, penanaman aqidah pagi (hafalan ayat dan hadits pilihan, pembelajaran Al Qur’an metode Qiroati, english practice, senam, upacara, seni budaya dan keterampilan, praktik ibadah. 
Pendidikan karakter siswa diberikan setiap hari bersamaan dengan pemberian materi pelajaran, serta terintegrasi dalam berbagai aktifitas kegiatan di sekolah. Untuk memantau perkembangan dan pencapaian karakter siswa, ada buku penghubung harian yang harus diisi oleh guru di sekolah maupun oleh orang tua di rumah. 
Penanaman Aqidah Pagi dilakukan pada setiap hari Rabu, Jum’at dan Sabtu pagi selam 20 menit, dengan memberikan materi tentang Aqidah keislaman, didukung oleh beberapa dalil naqli yang bersumber dari ayat Al Qur’an dan hadist pilihan. Pembelajaran Al Qur’an setiap hari “Every Day with Al Qur’an” dengan metode Qiraati, untuk siswa kelompok A dan B dengan terlebih dahuli dilakukan penempatan kelompok pembelajaran Al Qur’an. Setiap kelompok terdiri dari 10 siswa dengan dibimbing  oleh satu guru Al Qur’an yang kompeten di bidangnya. 
English Practice (mengolah life skill siswa), dalam setiap pembelajaran digunakan bahasa Inggris sederhana yang terangkum dalam pembelajaran English Practice, mengintegrasikan untuk kebutuhan komunikai sederhana siswa. Senam setiap hari Selasa dan Kami. 
Untuk menumbuhkan cinta bagsa dan negara, dlaksanakan upacara bendera seiap hari Senin. Di samping pembelajaran ala TK, diterapkan juga berbagai media seni budaya dan pengolah keterampilan siswa, sehingga diharapkan nantinya siswa bisa mencintai budaya bangsa serta trampil dalam memanfaatkan segala sesuatu yang ada di sekitarnya menjadi lebih bermanfaat dan berdaya guna. Program Shalat Berjama’ah bertujuan untuk membina pembiasaan wudlu dan  shalat 5 waktu dengan bacaan dan gerakan yang benar. Ananda kelompok B pada awal semester II, wajib membawa perlengkapan alat shalat setiap hari  berupa mukena, sajadah, & sandal (putri) dan sarung, sajadah, kopyah hitam, sandal (putra). Pembimbingan oleh guru kelas dan di kelas masing – masing. Disamping itu Ananda kelas atas juga diajarkan untuk shalat Dhuha, wirid, serta doa harian. /Nashiru setiawan (09220077)

0 komentar

Tambahkan Komentar Anda