Kurikulum 2013

Apa sih tujuan Kurikulum 2013 ? banyak orang bertanya-tanya , tujuannya apa ?
Pemerintah ingin pendidikan di Negara Indonesia maju, kalau itu semua juga setuju. Tetapi tujuan utama dari Kurikulum 2013 itu meningkatkan standart nilai, di sini siswa tidak menjadi obyek tetapi akan menjadi subyek untuk mengembangkan pemikiran mereka sendiri.
Perubahan ini untuk memacu siswa menjadi aktif dalam pemikirannya, dan siswa didorong agar aktif didalam materi pembelajarannya.
Dalam penilaian kurikulum 2013 mempunyai standart yang berbeda. kurikulum baru tentu berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Mengingat tujuannya untuk mendorong siswa aktif dalam tiap materi pembelajaran, maka salah satu komponen nilai siswa adalah jika si anak banyak bertanya.
Jadi penilaiannya dapat dilihat dari keaktifannya dalam belajar, Selain keaktifan bertanya, komponen lain yang akan masuk dalam standar penilaian adalah proses dan hasil observasi siswa terhadap suatu masalah yang diajukan guru. Kemudian, kemampuan siswa menalar suatu masalah juga menjadi komponen penilaian sehingga anak terus diajak untuk berpikir logis.Dan yang terakhir kemampuan anak untuk presentasi sesuai tema yang sudah ada.
Akankan pendidikan di Indonesia akan maju dengan adanya Kurikulum baru 2013.

Bunga Nike Farah Amanda
09220024

0 komentar

Tambahkan Komentar Anda

Powered By Blogger