Guru Honorer Sukarela untuk Menunggu jadi CPNS

Di dalam dunia pendidikan terdapat pahlawan tanda jasa yang statusnya masih belum diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil yaitu Guru honorer. Status ini dimiliki orang yang memiliki masa kerja kurang dari 5 - 6 tahun, setelah masa itu seorang guru akan mengajukan berkas ke kabupaten untuk pendataan dan mengikuti tes untuk menjadi seorang CPNS. Guru honorer bisa dikatakan sebagai seorang tenaga sukarela untuk membantu dan menunggu untuk dirinya lulus dalam masa tes calon pegawai negeri sipil. Bahkan mereka tidak jauh berbeda dengan gru yang sudah memiliki status PNS, memakai sergam yang sama dan bekerja ditempat yang sama tapi berbeda status.
Tergantung pada tiap sekolah yang ditempati guru honorer terkadang mendapat tunjangan sukarela atau gaji insentif yang walaupun tidak banyak dapat menjadi uang lelah dalam masa bekerja. Banyak juga artikel atau pemberitaan yang mengabarkan bahwa guru honorer berdemo untuk segera diangkat dan mendapatkan status PNS. Sebagian besar guru honorer merasa mereka kurang dihargai dalam masa kerja namun mereka tetap memperjuangkannya untuk bisa menjadi seorang PNS yang bisa diakui oleh pemerintah. Profesi guru honorer masih menjadi banyak kontroversi didalam dunia pendidikan bahkan sejak munculnya sertifikasi saingan untuk menjadi seorang guru makin banyak.
Pemerintah juga sudah sebaik mungkin menunjang kesejahteraan profesi guru dilihat dari semakin tahun meningkatnya kuota orang yang menginginkan sebagai calon guru, dilihat dari tunjangan yang pemerintah berikan bisa dimanfaatkan nantinya dimasa depan.
Disini kami menjelaskan bahwa semakin banyaknya seseorang yang tertarik pada profesi sebagai GURU maka akan semakin banyak pula pesaing yang datang dari mana saja. Padahal banyak kasus yang mengatakan di daerah - daerah pedalam pulau di Indonesia sedikit sekali tenaga kerja yang bersedia untuk mengabdi pada pendidikan itu sendiri

Rischa Andika Wardani
09220274

1 komentar:

  1. konten blog ini kok kurang memikat ya??? Soal tulisan mendalam yang memfokuskan satu tema dg kajian dari berbagai angle tidak ditemukan

    BalasHapus